Tahun 2009 berakhir dengan prestasi positif yang menggambarkan pertumbuhan signifikan dalam penjualan ritel online selama musim liburan. Menurut laporan comScore, penjualan online AS meningkat sebesar 5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, mencapai total $27.121 juta dari 1 November hingga 24 Desember 2009. Sebaliknya, tahun sebelumnya hanya mencapai $25.845 juta dengan penurunan sebesar 3%.

“Selasa Hijau” mencatatkan prestasi luar biasa dengan total penjualan online mencapai $913 juta, melampaui $900 juta untuk satu hari. Meskipun Green Monday pada 14 Desember menunjukkan pertumbuhan negatif sebesar 1% dibandingkan tahun 2008, Selasa Hijau tumbuh 21% dengan total penjualan online sebesar $754 juta pada tahun sebelumnya. Dua hari setelah Selasa Hijau juga mencatat peningkatan penjualan yang cukup besar.

Para pakar industri mencatat bahwa 17 Desember menjadi hari terakhir di mana situs slot online hugo77 menawarkan pengiriman gratis untuk pembelian Natal oleh sebagian besar pengecer online. Transaksi hingga menit terakhir menunjukkan pembeli online melakukan pembelian cepat selama tiga hari terakhir untuk memanfaatkan peluang. Tingkah laku aneh ini menghasilkan beberapa kejutan dalam nilai penjualan setelah Green Monday.

Sepuluh hari belanja online teratas pada tahun 2009 mencakup tanggal 15, 30 November (Hari Terima Kasih), 1, 16, 14, 10, 8, 17, 3, dan 2 Desember secara berurutan. Sembilan dari sepuluh hari tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari $800 juta masing-masing. Berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana sepuluh hari teratas dimiliki oleh Desember, 30 November tahun ini menunjukkan posisi di antara hari-hari belanja online tertinggi. Total penjualan untuk sepuluh hari belanja online teratas pada tahun 2009 meningkat menjadi $8.509 juta, dibandingkan dengan $8.056 juta pada tahun 2008, menunjukkan pertumbuhan sebesar 5,62%.

Pentingnya pengiriman gratis sebagai faktor kunci dalam pembelian online selama musim liburan 2009 juga terlihat dalam data ComScore. Pembeli online cenderung menunggu penawaran pengiriman gratis sebelum melakukan pembelian online. Volume belanja yang mencakup gratis ongkos kirim mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan musim liburan 2008.

Beberapa faktor yang berkontribusi pada pertumbuhan penjualan online musim liburan ini meliputi peningkatan kepercayaan konsumen, cuaca salju yang melimpah, diskon besar, strategi pemasaran yang agresif, dan sinyal positif dari perekonomian secara keseluruhan. Menurut para ahli industri, kuartal mendatang akan menjadi penentu apakah optimisme ini hanya bersifat sementara selama musim liburan atau dapat berlanjut hingga tahun 2010, menandai pemulihan ekonomi dari resesi.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *